Please enable JavaScript to access this page.
images

Laporan Bulanan Koordinator Penyuluh Pertanian

 

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Kami Panjatkan ke Khadirat Allah SWT karena Berkat Rahmat dan Karunia-Nya. Laporan Bulanan UPT Dinas Pertanian Kabupaten ………..  ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Laporan UPT Pertanian disusun sebagai perwujudan kewajiban Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk mempertangungjawabkan pelaksanaan misi Dinas Pertanian mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Laporan Bulanan UPT Dinas Pertanian ini merupakan langkah Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pokok dan tugas UPT sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Dinas Pertanian Kabupaten ……….. .

Laporan ini diharapkan dapat membantu ketersediaan data dan informasi yang valid dan akurat yang dibutuhkan oleh Dinas pertanian dalam mewujudkan terciptanya akuntabilitas kinerja sebagai salahsatu prasyarat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan terpercaya. Diharapkan melalui penyusunan Laporan Bulanan UPT ini secara keseluruhan dapat meningkatkan pelaksanaan kinerja instansi pemerintahan yang lebih bedaya guna, behasil guna, bersih transparan dan bertanggungjawab, sesuai hakekat tujuan perencanaan, pelaporan dan evaluasi dalam sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintahan.

 

I. Pendahuluan
Pengumpulan data statitistik pertanian dilakukan melalui pengirian Register Kecamatan, yaitu daftar yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tingkat Desa/Kelurahan. Kemudian rekapitulasi Kecamatan dari Register tersebut dilaporkan dengan Daftar SP (Statistik Pertanian).

Data yang dikumpulkan melalui laporan Statistik Pertanian (SP) tanaman pangan mencakup luas tanaman padi, luas tanaman palawija, tanaman hortikultura dan tanaman perkebunan. Penggunaan lahan, alat/mesin dan kelembagaan pertanian serta perbenihan.

Data SP ini meliputi :
a. Informasi luas tanaman padi yang dikumpulkan meliputi luas panen puso dan tanaman menurut jenis lahan (sawah dan bukan sawah), Kelompok Varietas (Hibrida, Unggul, Lokal), jenis pengairan (irigasi dan Non Irigasi), serta jenis intensifikasi (intensifikasi dan non intensifikasi).
b. Informasi luas tanaman palawija yang dikumpulkan meliputi luas panen, puso dan tanam menurut jenis lahan (sawah dan bukan sawah). Khususnya untuk jagung dan kedelai juga dikumpulkan luas panen muda, serta untuk jagung luas panen untuk hijauan pakan ternak. Data luas panen, puso dan tanam tersebut dirinci menurut kelompok varietas (jagung), jenis intensifikasi jagung, kedalai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar dan sorgum). Sedangkan untuk palawija lainnya(talas, ganyong dan irut). Luas panen, tanam dan puso yang dikumpulkan merupakan luas total.
c. Informasi penggunaan lahan yang dikumpulkan adalah luas baku lahan menurut jenis penggunaan yaitu lahan sawah per jenis pengairan irigasi teknis, setengah teknis, irigasi sederhana, irigasi desa/non PU, tadah hujan, pasang surut, lebak, polder dan ladang/huma, perkebunan, ditanami puhonatau hutan rakyat, tambak, kolam/tubat/empang, padang penggembalaan/rumput, sementara tidak diusahakan dan lahan pertanian bukan sawah lainnya). Serta lahanbukan pertanian (rmah, bangunan/lahan sekitarnya, hutan negara, raw-rawa (tidak ditanami) dan lahan bukan pertanian lainnya (seperti untuk jalan, sungai, danau, lahan tidur, dll).
d. Informasi tentang alat dan mesin pertanian yang dikumpulkan adalah jumlah alat/mesin dalam kondisi baik dan rusak menurutjenis penggunaan (pengolahan lahan, penanaman, pemupukan, pengendalian OPT, pengairan, pemanenan, perontokan/pemipil dan lainnya).
e. Informasi tentang kelembagaan pertanian yang dikumpulkan adalah jumlah kelompok tani, gabungan kelompok tani, koperasi unit desa/koperasi tani dan kios sarana produksi pertanian.
f. Data perbenihan dikumpulkan meliputi informasi penangkaran benih (jumlah penangkar/produsen, luas penangkaran dan produsi benih). Perdagangan benih (jumlah pedagang dan jumlah benih yang dijual). Serta informasi tentang penggunaan benih bersertifikat dan tidak bersertifikat).

II. Kegiatan yang dilakukan
Pengumpulan data Statistik Pertanian (SP) tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan mencakup seluruh wilayah Kecamatan ………..  Kabupaten ………..  yang meliputi 12 (Dua Belas) Desa dengan mengunjungi Petani/Kelompok/Gapoktan/Desa. Adapun periode pengumpulan data sebagai berikut :
a. Pengumpulan data luas tanaman padi dan luas tanaman palawija, sayuran dan buah semusim dilakukan setiap bulan.
b. Pengumpulan data penggunaan lahan, alat mesin dan kelembagaan pertanian serta perbenihan dilakukan setiap bulan.
c. Pengumpulan data tanaman perkebunan dilakukan per triwulan.

III. Hasil yang Dicapai (Terlampir)

IV. Keseimpulan dan Saran
a. Kesimpulan
Kegiatan menyusun data hasil survey lapangan dalam bentuk data statistik pertanian (Laporan Bulanan, Triwulan dan Tahunan) Tanaman pangan dan Perkebunan telah dilaksanakan dimulai dari Bulan ……….. Tahun 2018.
b. Saran
Setelah disusunnya laporan menyusun data hasil survey lapangan dalam bentuk data statistik pertanian (Laporan Bulanan, Triwulan dan Tahunan) Tanaman pangan dan Perkebunan diharapkan saran dan kritikannya dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan guna perbaikan-perbaikan pada tahapan selanjutnya dimasa yang akan datang.

V. Penutup
Demikian laporan menyusun data hasil survey lapangan dalam bentuk data statistik pertanian (Laporan Bulanan, Triwulan dan Tahunan) Tanaman pangan dan Perkebunandisusun sebagai upaya mewujudkan data statistik pertanian yang seragam dan valid.

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram Photos